Sun. May 31st, 2020

Jangan menjadi Minder! Sekalipun bodinya kecil, mesin besar masih bisa digunakan

2 min read

Halo pecinta otomotif! Memiliki sepeda motor besar atau biasa disebut MOGE, bisa menjadi salah satu hobi yang bisa dinikmati para pecinta. Namun tidak disangka, jika posisi orang Asia tidak terkecuali, Indonesia menjadi sesuatu yang sulit diatasi karena tingginya. Hal ini sering dirasakan oleh pengendara yang memiliki postur kurang dari 170 cm, walaupun MOGE memiliki bobot tinggi dan jok tinggi. Misalnya, ketika seseorang yang memiliki tinggi 168 cm mengendarai sepeda motor besar seperti BMW GS, Harley-Davidson dan lainnya, maka kita harus bisa mengerjakannya, terutama saat mengendarai atau menuruni sepeda motor. Mesin besar, seperti namanya, memiliki tubuh dan mesin hingga 500 cc. Karena itu, agar lebih nyaman meski beratnya, mesin jenis ini lebih cocok digunakan oleh orang jangkung dan tinggi.

Tapi jangan khawatir! Jika Anda memiliki tubuh kecil, dengan ketinggian sekitar 155-160 cm, Anda masih dapat mengendarai MOGE! Seperti Made Surya, instruktur keselamatan berkendara di PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan bahwa kesesuaian sepeda motor untuk seseorang dapat dirasakan melalui segitiga mengemudi. Sekarang segitiga ini adalah kenyamanan yang dirasakan di pinggul, lengan dan kaki. Jika Anda merasa nyaman, maka mesinnya tepat untuk Anda. Pada kenyataannya, ukuran tubuh tidak dapat menjadi ukuran apakah seseorang cocok untuk mengemudi MOGE atau tidak. Semua MOGE dapat digunakan untuk berkuda bahkan dengan orang kecil atau tinggi hanya 155-160 cm, karena pada dasarnya berkuda MOGE adalah hobi untuk pelatihan.

Tips lainnya, ketika Anda memiliki tubuh yang kecil, jangan lupa untuk selalu menggunakan standar samping ketika Anda ingin duduk. Standar samping bisa menjadi tumpuan karena bobot mesin yang tinggi. Ini akan memudahkan pengendara yang tidak terlalu tinggi untuk naik sepeda motor. Caranya, silakan motor ke sisi standar, lalu lurus ke atas dari sisi kiri. Langkah di kaki kiri menggunakan kaki kiri, lalu kaki kanan di kursi. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk mengendarai sepeda motor dengan kursi tinggi. Bobot MOGE yang tinggi membutuhkan tekniknya sendiri untuk memperkuat mesin. Jusri juga sering mengatakan, salah satu caranya adalah mengarahkan stang ke kanan terlebih dahulu.

Karena dengan cara ini motor akan lebih mudah diaplikasikan. Ini akan menghemat energi karena taipan memiliki bobot yang berat, energi kita dapat habis dengan cepat hanya untuk memaksakan motor berat seperti Harley-Davidson yang dapat mencapai berat hampir 500 kg. Jadi, pemilik moge jangan lupa untuk selalu berlatih keseimbangan yang merupakan elemen penting saat mengemudi. Menurut par pengendara sepeda motor mesin yang hebat, Balance adalah kombinasi berbagai elemen balancing mulai dari kecepatan, bahkan kondisi lintasan berkuda posisi. Karena itu, kita harus mengetahui dasar-dasar elemen ini dan karena itu melatih keseimbangan kita pada mesin. [may/ech]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.